Pengertian Diksi, Fungsi Diksi, dan Macam – Macam Diksi

Dalam pelajaran bahasa Indonesia tentu kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya diksi. Diksi senantiasa digunakan dalam kaitannya dengan tata bahasa dalam bahasa Indonesia.

Diksi merupakan suatu istilah dalam dunia sastra yang digunakan merujuk kepada berbagai macam makna kata atau kalimat yang ada didalam suatu karya sastra. Dalam menggunakan diksi ini biasanya dilakukan untuk membuat suatu karya sastra agar bisa menjadi jauh lebih menarik, menjadi jauh lebih mudah untuk dipahami dan tentunya agar lebih sesuai dengan apa yang ingin digambarkan oleh si pengarang karya sastra yang bersangkutan. Informasi lebih lengkap dan lebih lanjut tentang pengertian diksi, fungsi diksi dan macam – macam diksi dapat Anda simak secara detail di bawah ini.

Pengertian Diksi, Fungsi Diksi, Dan Macam – Macam Diksi 

Secara singkat, diksi memiliki arti sebagai pilihan kata. Dan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras untuk bisa mengungkapkan gagasan sehingga akan diperoleh suatu efek tertentu.

Adapun diksi juga memiliki fungsi dalam kaidah – kaidah bahasa. Diksi dalam pembuatan suatu karya sastra memiliki beberapa fungsi diantaranya :

  • Diksi dapat membuat orang yang membaca atau juga mendengar suatu karya sastra menjadi lebih paham mengenai apa yang ingin disampaikan oleh pengarang.
  • Diksi dapat membuat komunikasi menjadi jauh lebih efektif.
  • Diksi dapat melambangkan suatu ekspresi yang ada didalam gagasan secara verbal (tertulis atau terucap).
  • Membentuk suatu ekspresi atau gagasan yang tepat sehingga akan dapat menyenangkan pendengar atau pembacanya.

Diksi yang digunakan dalam kaidah bahasa Indonesia memiliki beberapa macam. Macam – macam diksi yang Anda perlu tahu diantaranya :

Sinonim

Sinonim merupakan suatu pilihan kata yang memiliki persamaan makna. Penggunaan kata sinonim ini biasanya dimaksudkan untuk bisa membuat apa yang dikatakan atau dituliskan agar lebih sesuai dengan ekspresi yang ingin untuk diungkapkan. Misalkan mati dan wafat memiliki perbedaan ekspresi pengucapan sementara artinya masih sama. Mati ekspresi pengungkapannya kasar sementara wafat memiliki ekspresi pengungkapan yang jauh lebih halus.

Antonim

Antonim merupakan suatu pilihan kata yang memiliki makna berlawanan. Misalkan kata antonim dari besar dan kecil. Inilah yang dimaksud dengan diksi dari jenis antonim.

Polisemi

Polisemi merupakan suatu frasa kata yang memiliki banyak sekali makna. Misalkan kata kepala yang dapat bermakna bagian tubuh yang terletak diatas leher, atau juga dapat bermakna tentang bagian yang terletak di sebelah atas dan juga depan.

Homograf

Homograf ini merupakan kata – kata yang memiliki tulisan sama akan tetapi memiliki arti dan bunyi yang berbeda – beda.

Homofon

Homofon merupakan suatu kata yang memiliki bunyi yang sama. Akan tetapi homofon ini memiliki makna dan ejaan yang berbeda.

Homonim

Homonim sendiri merupakan kata – kata yang memiliki ejaan yang sama atau makna dan bunyi yang berbeda. Misalkan Asep nama orang dan Asep (asap).

Hiponim

Hiponim merupakan suatu kata yang maknanya juga telah tercakup didalam kata yang lain. Misalkan kata Salmon yang sudah termasuk ke dalam makna kata ikan.

Hipernim

Hipernim sendiri merupakan kata yang telah mencakup makna kata yang lain. Misalkan ada pada kata sempurna yang juga telah mencakup kata baik, bagus dan beberapa kata yang lainnya.

Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang pengertian diksi, fungsi diksi dan macam – macam diksi. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

One Reply to “Pengertian Diksi, Fungsi Diksi, dan Macam – Macam Diksi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *